Minggu, 13 Maret 2011

FreeStyle

Review: FreeStyle Online Indonesia
FreeStyle Online akhirnya masuk juga ke Indonesia, dan sejak tanggal 15 November 2010 sudah mulai bisa dimainkan oleh seluruh pecinta game olahraga, khususnya penggemar Basket di tanah air. Game 3D MMO bertemakan Street Basketball buatan developer JC Entertainment ini diboyong oleh publisher game online populer di Indonesia, yakni PT. Kreon (Gemscool), yang terlebih dahulu membawa deretan titel favorit gamer lokal antara lain seperti Point Blank, Atlantica, Yulgang, On Air, dan juga MAKO Online. Meski tidak seperti sebagian besar game online milik Gemscool yang cenderung pelopor di kelas genre tertentu (FPS – Point Blank, RPG Turn based – Atlantica, Card Game – MAKO), FreeStyle bukan game online pertama yang hadir di Indonesia dengan tema olahraga, namun tetap perintis untuk kelas game dari cabang olahraga Bola Basket ^^



Latar Belakang Sejarah
Awalnya, game dengan judul original FreeStyle Street Basketball sudah lebih dulu dipublish oleh Sierra Online pada tanggal 15 Mei 2007 untuk komunitas gamer Amerika yang menerapkan sistem premium upgrade bila ingin mencapai level cap 45. Sayangnya, di tangan Sierra Online, game ini tidak bertahan lama dan berhenti operasi sejak 25 September 2008.
Sampai akhirnya, kira-kira setahun kemudian, GameKiss mengumumkan peluncuran FreeStyle Street Basketball, tepatnya pada tanggal 1 Februari 2009, dengan menerapkan model free-to-play dan sistem experience-based leveling agar player bisa naik level bilamana mencapai persyaratan EXP tertentu untuk memperoleh tambahan atribut bagi karakter masing-masing. Atribut inilah yang akan membedakan kemampuan dari tiap karakter karena mempengaruhi seberapa cepat mereka berlari, sejauh apa dia melompat, mendribble bola, melakukan steal ataupun passing akurat.
Beberapa negara yang telah memainkan game FreeStyle Street Basketball (singkat FreeStyle) antara lain Cina, Jepang, Malaysia, Singapura, Filipina, Korea Selatan, Rusia, Taiwan, Thailand, dan termasuk di Indonesia.
Awal Permainan
Hampir sama seperti game MMO lainnya, setelah kalian melakukan rangkaian proses download, instal, kemudian membuat ID Gemscool (satu ID berlaku untuk semua game milik Gemscool), maka kalian akan masuk ke halaman Main Menu FreeStyle Online Indonesia dimana kalian diwajibkan membuat karakter terlebih dahulu. Saat ingin mencoba membuat review game ini, saya awalnya sempat ragu karena sejujurnya kurang menyukai olahraga basket…meski berpostur lumayan tinggi :D Argh, anyway..dalam pembuatan karakter di sini kalian akan diberikan tiga pilihan posisi bermain yang harus diambil oleh tiap player, lengkap disertai dengan keterangan spesialisasi dari masing-masing posisi (Guard, Forward, Center). Saya selama ini hanya mengkategorikan player basket yang pendek itu pasti Guard, yang rada tinggi suka ambil bola rebound adalah Forward, dan yang paling tinggi menjulang pastilah seorang Center ^^Dengan melihat ini saya jadi tahu karakteristik dari tiap posisi beserta spesialisasinya masing-masing.
Berikutnya di bagian kustomisasi karakter, mulai dengan menentukan nama karakter untuk digunakan dalam game, kemudian pilih gender dan tampilan dari karakter sesuai yang kalian inginkan. Meski fungsi kustomisasi di sini cukup realistis, tapi sayangnya pilihan hanya dibatasi 3 tipe gender Pria (berbeda tinggi dan beratnya), 2 tipe gender Perempuan yang agak mirip, lalu pilihan warna serta model T-shirt yang akan digunakan. Selebihnya bisa kalian dapatkan saat karakter kalian mencapai tingkatan level tertentu atau dengan membeli item menggunakan cash / point yang kalian dapat saat bermain. Setelah melakukan pengaturan terkait karakter dan beberapa setting dalam game, kalian dapat memilih mode game yang ingin kalian mainkan, antara Single Player dan Team Player.
Gameplay
FreeStyle Online Indonesia bisa menjadi pilihan alternatif bagi player yang menyukai game bergenre sports, bahkan bagi mereka yang tidak menyukai olahraga. Karena FreeStyle Online menawarkan permainan layaknya Street Basketball yang kental dengan nuansa musik Hip-Hop serta memberikan “kebebasan” dan “mewakili anak muda” banget sehingga player bisa lebih kerasan saat memainkannya. Tidak harus jago bermain basket bila ingin bermain FreeStyle Online Indonesia, karena keunggulannya ada pada “kesederhanaan” dari game ini dimana siapapun bahkan kalian yang termasuk baru dalam memainkan FS bisa bersaing dan menikmati game bersama player lainnya.

FreeStyle Online Indonesia juga menawarkan 3 mode permainan, yakni 3v3, 2v2, dan 1v1, dalam pertandingan basket setengah lapangan (meski di beberapa versi luarnya, ada yang memainkan satu lapangan penuh!). Sebelum berpartisipasi dalam permainan, kalian harus masuk ke Lobby dan menemukan tim untuk bertanding. Mengendalikan karakter dalam pertandingan pun tidak terlalu rumit, dimana pergerakan dikendalikan oleh tombol arah, sementara tombol WASD kalian gunakan untuk skill dasar bermain basket seperti passing, shooting, rebound, block, slam dunk, dan banyak lagi tergantung apakah kalian sedang dalam posisi bertahan atau menyerang.
Fitur
Satu yang paling saya salut sama FreeStyle Online Indonesia adalah fitur Tutorial di awal game, yang harusnya memang dijadikan syarat utama dalam setiap game online jaman sekarang dengan menyertakan tutorial yang mudah dimengerti dan tidak sulit dijalankan, serta pastinya menyenangkan. Dan ketiga hal tersebut saya temukan saat mengikuti fitur tutorial FS, dimana tahapan-tahapannya jelas, mulai dari latihan gerakan dasar, memberikan tes skill bagi player, kemudian harus menantang beberapa AI-controlled pemain basket dari yang standar sampai ke paling jago. Wew!

Hal pendukung lainnya adalah translasi dalam game FreeStyle Online Indonesia saya akui sebagai salah satu yang terbaik di antara semua game online lokal yang saya coba sampai saat ini, dimana kata-katanya tidak baku namun tetap enak dibaca, gaul banget deh kalo kata ABG sekarang! :D
Grafik dan Suara
Grafik memang tidak terlalu wah tapi cukup menarik dengan penempatan warna-warni yang cerah dan banyak tampilan grafiti yang bisa juga mendorong player untuk lebih bersifat kreatif :D Fitur suara dalam game pun dibuat sangat mendukung, dimana sepanjang tutorial, bahkan dalam permainan sekalipun, kalian juga akan dihibur oleh musik-musik bergaya hip-hop yang makin membuat kalian terlena dan mungkin akan ketagihan terus memainkan game ini.

Category
Minimum Requirment
Recomanded Requirment
OS
Windows XP/2000/Vista
Windows XP/2000/Vista
CPU
Pentium 4 @ 1GHz or better
Pentium 4 @ 2GHz or better
RAM
512 MB or more
1GB or more
VIDEO
GeForce FX5900/ATI 9500, 128 MB or better (Graphic card supporting vertex pixel shader)
GeForce 7600GS/ATI HD3450, 256MB or better(Graphic card supporting vertex pixel shader)
Hard Drive
2 GB or more
5  GB or more
Etc
Direct 9.0 or better
Direct 9.0 c

Tidak ada komentar:

Posting Komentar